Cara Memilih Menentukan Keyword di Blog
menentukan keyword terbaik | tips cara menentukan keyword tepat
Sobat sangat penting untuk kita dalam menganalisa keyword-keyword apa saja yang sudah dan mungkin akan membawa traffic pengunjung, seperti pada postingan sebelumnya, artikel Menganalisa Keyword yang Membawa Traffic. Artikel Cara dan tips menentukan keyword yang terbaik yang sobat baca ini adalah kelanjutannya.
Menentukan Keyword dengan Google Trends
Google Trends dapat dijadikan sarana untuk menemukan dan menentukan kata kunci yang tepat. Dengan menggunakan Google Trends maka sobat bisa melihat tingkat pencarian keyword yang diinginkan berdasarkan sebaran Negara. Hasilnya tentu berupa peta sebaran pengguna search engine google berdasarkan Negara.Dari blog sebelah saya mendapatkan informasi jika Google Trends sangat bermanfaat untuk para blogger yang mengelola blog berbahasa Inggris baik untuk hobby maupun bisnis online. Hal ini disebabkan layanan Google Trends adalah khusus publik USA dan sudah barang tentu artikel berbahasa Inggris menjadi persyaratan.
Google Trends juga bisa melihat sebaran kata kunci tertentu di tiap-tiap kota di sebuah negara. Contoh: saya iseng mengetikkan kata kunci Mak Erot di di Google Trends dan ketika muncul hasil Indonesia, saya klik pada Indonesia. Hasilnya menunjukkan pada seberapa populer kata kunci atau kyword tsb di tiap kota-kota besar Indonesia (di-search oleh netters di kota-kota itu). Lihat pada gambar:

klik supaya jelas
Bagaimana pengetahuan ini bisa saya aplikasikan pada blog? Jika sebuah kata kunci amat populer di sebuah kota/daerah tertentu, maka sobat bisa fokus disana misalnya dengan : memberikan sentuhan bahasa daerah setempat di dalam artikel atau memberikan diskon misalnya free ongkir untuk para netters yang mencari produk sobat di kota-kota tsb, atau memberikan informasi-informasi dimana produk/jasa sejenis bisa ditemukan di kota mereka, atau jika kebetulan kota yang sobat diami menempati ranking bagus dalam keyword tsb maka sedari sekarang optimalkan keyword itu bagi penduduk setempat (misalnya ambil kata kunci: Mak Erot Bandung – ini dalam konteks kata kunci mak erot yang saya contohkan tadi yahh) …. Huaaaa ada buanyaaaak banget kemungkinannya!
Menentukan Keyword dengan Google Analytics
Cara ini gak bisa dipakai oleh pengguna WordPress.com yang gratis karena sobat engga bisa mengutak-atik CSS. Untuk blog sef hosting bisa memasang plugin Google Analytics (download disini ) dan tinggal mendaftar di sini . Cara menentukan keyword dengan Google Analytics kurang saya sukai karena pusing melihat banyaknya tabel-tabel namun bro idoodie di dalam tulisannya ini meng-encourage kita untuk menggunakan Analytics. Jangan pusing kata si masbro, nanti lama-lama juga biasa!Menentukan Keyword dengan Google AdWords
Cara-cara menentukan kata kunci keyword dengan Google AdWords bisa sobat baca disini. Cara ini saya ketahui sejak 2 tahun lalu namun baru saya aplikasikan dengan agresif sejak 2010 kemarin. Coba deh. Amat efektif dalam menentukan keyword terbaik untuk blog sobat.Saya kasih contoh untuk kalimat “Model Busana Muslimah” dan “Jual Baju Muslimah” yang saya ketikkan dalam AdWords. NB: Di bagian advance options and filters, saya memilih “all mobile devices” (sebaiknya jika sobat menggunakan AdWords, pilih dulu yang “desktop and laptop service”. Saya saat ini cenderung menganalisa kata kunci dari pengguna mobil device spt smartphone, iphone, hape jadul, dll ).
Saya dapat ide untuk menganalisa kalimat “Model Busana Muslimah” dan “Jual Baju Muslimah” dari mbakyu Nopha yang kebetulan juga berjualan baju muslimah. Lihat pada Gambar:


Niche / ceruk dari kedua kalimat di atas adalah sama: Baju Muslimah. Untuk bersaing di niche ini, kita bisa mengambil kata kunci-kata kunci yang muncul dari kedua kalimat yang kita ketikkan di AdWords tsb, namun sebaiknya kata kunci yang diambil adalah kata kunci yang persaingannya sedikit (dalam hal ini ditunjukkan oleh global dan local monthly search). Pilihlah yang persaingannya tidak terlalu ketat. Jangan langsung terjun di kata kunci yang pencariannya tinggi sekali.
Masukkan dulu 3-4 kata kunci yang persaingannya tidak terlalu ketat secara konsisten dalam sebuah artikel. Lalu bikin 3-4 artikel baru dan gunakan kata kunci yang sama atau lihat pada kata kunci lain. Optimalkan kata kunci ini dengan SEO. Hubungkan semua artikel ini dalam inbound link agar mereka bertautan satu sama lain.Jangan lupakan teknik2 SMO juga yah.
Setelah beberapa bulan.. nah sekarang saatnya sobat membidik kata kunci yang persaingannya lebih ketat. Buat lagi beberapa artikel dengan kata kunci di niche tsb (dalam konteks ini adalah Busana Muslimah). Optimalkan dengan SEO dan SMO.
Dengan cara ini artikel-artikel sobat akan mulai bersaing di SERP (Search Engine Results Page). Biasanya paling jauh ada di halaman 3. Bisa baca di artikel ini bagaimana saya mendapatkan hasil SERP yang bagus setelah diukur menggunakan:
www.seoserp.com/web_tools/google_top_1000_serps_checker.asp
Bagaimana sobat? Engga susah kan menentukan dan menganalisa kata kunci terbaik untuk blog kita?
0 comments:
Post a Comment